Selasa, 14 Agustus 2018

Cara Mengatasi Musim Trek Pada Buah Kelapa Sawit

Trek buah kelapa sawit adalah istilah yang digunakan petani kelapa sawit yang tanamanya tidak berbuah.tidak hanya cerita bahagia petani sawit yang untung terus namun jika anda menjadi petani sawit akan mengalami kendala seperti tanaman sawit tidak berbuah atau ngetrek.jika trek terjadi dalam tanaman sawit maka petani akan merugi karena biaya perawatan pupuk dan gaji karyawan di keluarkan namun pemasukan dari penjualan panen sawit tidak ada otomatis petani akan merugi dan jika itu terjadi terus menerus maka petani akan gulung tikar.

Musim trek biasanya adalah 3 bulan setelah musim penghujan atau saat musim kemarau panjang karena biasanya sawit akan kekurangan unsur hara atau nutrisi untuk kebutuhan pembuahan.selain itu kekurangan air juga bisa menjadi penyebab tanaman sawit trek.tanaman sawit yang sudah berusia 3 tahun tingginya bisa sama dengan orang dewasa dan itu termasuk tanaman besar dan sangat membutuhkan air dan unsur hara untuk tetap hidup normal dan berbuah.untuk memenuhi unsur hara dalam tanah anda sebisa mungkin memakai pupuk yang lengkap nutrisinya agar bisa diserap oleh tanaman sawit.

Selain air dan juga pupuk anda juga harus memperhatikan perawatan sawit anda.pembersihan gulma sekitar tanaman sawit wajib dilakukan rutin.karena banyak sekali petani sawit yang sudah menghasilkan terkadang abai untuk melakukan perawatan rutin karena sudah menikmati keuntungan.managemen dalam mengelola kelapa sawit hukumnya wajib karena perusahaan sawit yang sudah sukses biasanya menerapkan managemen yang bagus dan teratur dari mulai tanam hingga menghasilkan.

Solusi untuk atasi trek cukup mudah anda bisa memakai pupuk untuk buah seperti power nutrition karena kandungan unsur hara lebih lengkap dan ada perangsang untuk memberikan efek pembuahan dalam tanaman sawit.anda bisa menambahkan nasa granule pupuk ini organik dan berbentuk butiran sehingga lebih mudah untuk aplikasi di tanaman sawit agar anda lebih tau lebih jauh berikut saya jelaskan.

Untuk Tanaman KELAPA SAWIT yang sudah menghasilkan, Pupuk NASA yang direkomendasikan untuk luas lahan 1 hektar adalah:
  • SUPERNASA GRANULE MODERN 50 kg (5 zak) 
  • POWER NUTRITION 3 kg
Caranya:
Campurkan semuanya menjadi satu (5 zak SUPERNASA granule + 3 kg POWER NUTRITION)
Kemudian taburkan pada sekeliling pokok sawit (sekitar akar melingkar 1 - 2 meter dari batang) dengan dosis 400 gram per-pokok.



 MANFAAT SUPERNASA GRANULE MODERN
A. Fungsi utama:
  • Meningkatkan kesuburan fisik dengan memperbaiki tanah yang keras berangsur - angsur menjadi gembur.
  • memberikan semua jenis unsur makro, mikro-nutrisi, enzim dan regulator pertumbuhan tanaman yang dibutuhkan untuk tanaman.
  • membantu perkembangan mikroorganisme tanah yang bermanfaat bagi tanaman.
  • Mengurangi jumlah pupuk   NPK (Urea, TSP dan KCl) dari + 50%.
    MANFAAT POWER NUTRITION
    • Memperbanyak tumbuhnya buah dan membantu proses pembuahan tanaman di luar musim (air cukup, iklim tidak ekstrim, hama penyakit normal).
    • Memperbaiki pertumbuhan tanaman dan mempercepat pertumbuhannya.
    • Meningkatkan ketahanan pada tamaman
    • Meningkatkan kualitas buah (rasa, warna, aroma).
    • Meningkatkan keawetan buah hasil panen.
    • Mengurangi penggunaan pupuk NPK kurang lebih 75%-90%.
    • Melarutkan residu pupuk kimia yang mengendap dalam tanah, sehingga bisa dimanfaatkan dengan baik oleh tanaman.
    • Membantu perkembangan mikro-organisme yang bermanfaat di dalam tanah.
    Dosis : 400 gram per-pokok
    Pemupukan ini, pada tahun pertama (belum pernah di pupuk NASA) interval 4 bulan sekali, dan pada tahun berikutnya pemupukan cukuplah setahun 2x.


    Dengan cara pemupukan diatas trek atau sawit tidak berbuah akan kembali normal bahkan sawit akan meningkat hasilnya menjadi 2x lipat.sudah banyak petani sawit yang berhasil dengan cara diatas.

    Untuk konsultasi dan pemesanan pupuk hubungi 083840534555

    Share on Facebook
    Share on Twitter
    Share on Google+

    Related : Cara Mengatasi Musim Trek Pada Buah Kelapa Sawit

    0 komentar:

    Posting Komentar