Sabtu, 03 Desember 2016

Rahasia Cara Pemupukan Sawit Agar Berbuah Banyak

Menanam sawit dibutuhkan pupuk yang bagus yang bisa merangsang buah dan memenuhi nutrisi tumbuhan,banyak petani sawit yang merugi dan hasilnya tidak maksimal di karenakan kurangnya pengetahuan tentang dasar pupuk sawit,maka dari itu tulisan ini semoga bisa menjadi inspirasi anda yang menanam sawit sebagai investasi masa depan.



Cara Penggunaan Pupuk Nasa Untuk Kelapa Sawit
Berbagi pengalaman tentang usaha kebun sawit: beberapa faktor penentu harga kebun sawit yang meliputi harga tanah dan biaya pembangunan (operasional) kebun. Bila anda belum pernah memiliki kebun sawit sebelumnya dan sekedar membuka wawasan, berikut kami sajikan ulasan mengenai penentu harga kebun sawit di sumatera

1. Lokasi
Lahan semakin dekat dan mudah ke akses jalan akan membuat harga tanah tinggi dan akan lebih tinggi lagi bila lokasi kebun itu dekat dengan PKS (Pabrik Kelapa Sawit). Sebagai perbandingan harga kebun di lokasi yang akses jalannya susah (jauh) pada kebun umur 3 tahun tanam seharga Rp.40juta/hektar, di lokasi yang aksesnya mudah (dekat) dengan kondisi yang sama dengan diatas bisa dihargai Rp.100juta bahkan lebih per hektarnya.

2. Jenis tanah
Jenis tanah darat lebih baik dari tanah gambut. Tanah yang konturnya relatif datar lebih baik dari tanah berbukit. Tanaman sawit adalah tanaman yang membutuhkan banyak air, jadi tanah yang dekat dengan sumber air (muka air tanah yang tidak terlalu dalam) akan sangat baik pertumbuhannya.

3. Jenis bibit yang ditanam
Tidak jarang kebun sawit dibuat dengan tujuan nantinya akan dijual kembali/ investasi. Tentu kebun yang seperti ini kurang meyakinkan sumber bibitnya, karena pemilik tidak mengharapkan hasil panen terbaik, hanya untuk dijual/ trading. Bibit yang baik sebaiknya berasal dari produsen yang sudah dilegitimasi, seperti PPKS (PPP Marihat dan PPP Medan/RISPA), PT. Socfindo, OPSG Topaz (Asian Agri), Dami Mas (SMART), dan Sriwijaya (Selapan Jaya).

4. Perawatan tanaman
Operasional kebun yang terawat sejak dari awal akan memberikan potensi panen yang optimal, karena perawatan yang baik akan memberikan keseragaman tanaman baik dari segi umur dan kecukupan unsur hara yang sangat dibutuhkan tanaman. Kebun yang dirawat dengan baik akan berproduksi secara optimum hingga umur 30 tahun.

5. Umur tanam
Semakin produktif kebun akan semakin tinggi harganya. Namun bagi anda yang berminat membeli kebun yang sudah berproduksi tentunya harus mempertimbangkan usia tanamannya. Membeli kebun pada saat berbuah pasir (sekitar umur 2 tahun tanam) lebih baik daripada yang baru saja siap ditanam, karena pada umur ini sudah mulai bisa kita lihat buah yang keluar. Biasanya secara visual kondisi kebun secara umum dapat kita perkirakan baik atau tidak

6. Legalisasi lahan
Sebelum membeli pastikan apa surat legalitas yang ada. Apakah SHM, SKGR, SKT, dll. Tentu makin tinggi status surat legalitasnya akan semakin mahal harga kebun tersebut.

Demikian semoga bermanfaat...salam

Sumber: sujasmir hamid, Managing natural industry.


APLIKASI PEMUPUKAN KELAPA SAWIT (TM) DENGAN DOSIS 5 ZAK SUPERNASA GRANULE, 10 KOTAK NATURAL GLIO DAN 1 KOTAK POWER NUTRISI
( Dosis untuk 1 Ha ) Lahan normal.
A. Pencampuran Pupuk
1. Bahan
• 5 zak super nasa granule
• 1 kotak Power Nutrisi 3kg
• 10 kotak Natural GLIO @100gram
20% pupuk kimia yang biasa di gunakan / rekomendasi dinas setempat
2. Proses pencampuran
• Siapkan alas berupa terpal atau plastik
• Buka semua pupuk supernasa granul dan ratakan
• Buka powernutrisi dan taburkan di atas supernasa granule dan Natural Glio
• Taburkan juga pupuk kimia di atasnya
• Campur hingga merata dan siap di aplikasikan
B. Cara Aplikasi pupuk
1. Jumlah semua pupuk campuran tadi di bagi jumlah pokok per hektar sehingga ketemu dosis untuk per pokok.
2. Buat lubang sedalam 5 - 10 cm di 4 penjuru di sekitar pokok,jarak dari batang bawah 50 – 100 cm
3. Taburkan pupuk dengan dosis per pokok di empat lubang tersebut,kemudian tutup dengan tanah lagi.
Aplikasi ini dapat dilakukan 4-6 bulan sekali.

Keterangan:

1). Sebelum pemupukan sebaiknya dilakukan penebaran kapur dolomit sebanyak 2 Kg per pokok tanaman kelapa sawit.
2). Pemupukan tanaman kelapa sawit dilakukan secara rutin dengan interval 4 bulan sekali untuk hasil yang lebih optimal.
3). Penyiraman tidak perlu dilakukan apabila kondisi curah hujan cukup.


Catatan: lahan yang normal atau lahan yang tidak memerlukan penanganan khusus seperti lahan gambut, berpasir, dll. Produk ini bisa digunakan untuk lahan tersebut tetapi nanti hasil akan kurang maksimal. Jika lahan anda bermasalah, maka kita sarankan menaikkan dosis paket menjadi 2x lipat dari dosis diatas.


Untuk harga pupuk dengan rincian

Supernasa granule 1 zak 210.000
1 kotak power nutrisi 3kg 670.000
1 kotak glio 40.000
1 aero perekat 40.000

Pupuk diatas harus dicampur pupuk seperti NPK agar hasil bisa maksimal.
Trik diatas sudah di uji coba dan hasilnya memuaskan.

Untuk order pupuk nasa diatas hubungi eko susanto di 083840534555 atau email ekosupernasa@gmail.com

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Rahasia Cara Pemupukan Sawit Agar Berbuah Banyak

0 komentar:

Posting Komentar